Bisnis Tanaman Hidroponik, Cara Memasarkan Hasil Panen

1 min read

Bisnis Tanaman Hidroponik, Cara Memasarkan Hasil Panen

Bisnis Tanaman Hidroponik sangat mudah untuk dilakukan, kita dapat melakukannya di lahan atau pekarangan yang sempit. Bagi sebagian besar masyarakat bisa mencoba menanam tanaman hidroponik untuk kebutuhan sehari-hari.

Bagi Anda yang memiliki lahan lebih tentu akan mengincar untuk dijadikan bisnis sampingan atau utama. Seperti yang kita ketahui, bisnis sayuran hidroponik memang sangat menjanjikan. Dari segi harga, perbedaannya sudah sangat jelas karena memiliki nilai jual yang tinggi.

Selain itu, para konsumen juga sudah pintar memilih saat ini. Sayuran hidroponik yang jauh dari pestisida sangat dicari. Berbagai kalangan yang melakukan diet sehat juga rata-rata mengkonsumsi sayuran hidroponik yang tentu lebih sehat.

Bisnis Tanaman Hidroponik, Cara Memasarkan Hasil Panen.

Bercocok tanam dengan menggunakan sistem hidroponik tentu memberikan hasil melimpah jika perawatannya dilakukan dengan baik. Setelah melakukan panen tentu anda akan memasarkan produk hidroponik tersebut.

Nah, inilah beberapa cara yang bisa dilakukan lakukan untuk memasarkan produk hidroponik Anda.

Bisnis Tanaman Hidroponik Menjual langsung dari kebun

Bisnis Tanaman Hidroponik Menjual langsung dari kebun

Ini cara utama yang bisa Anda lakukan jika tidak ingin repot-repot mengunjungi pasar. Anda juga tidak perlu pergi mengunjungi restoran atau cafe untuk menawarkan produk Anda. Cara memasarkannya sangat mudah loh, bisa melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, atau blog-blog.
Fotolah produk Anda semenarik mungkin, jadi para pembeli bisa tertarik untuk membeli.

Menjual di pasar tumpah

Anda harus memberikan label pada sayuran serta memperkenalkan produk kepada setiap pembeli. Cara menjual sayuran di pasar tumpah ini anda harus extra sibuk dengan berbagai persiapan perlengkapan dan peralatan.

Pada awalnya mungkin akan cukup sulit. Namun jika Anda sudah terbiasa berjualan dan memiliki pelangan sendiri maka akan cepat laku terjual.

Menjual hasil panen ke pasar tradisional

Bagi Anda para petahi sayuran hidroponik yang tidak memungkinkan untuk panen setiap hari bisa mencoba cara ini. Menjual hasil panen ke pasar tradisional dengan menemukan pengepul. Perlu diingat untuk tetap menjaga kualitas produk sayuran hidroponik Anda. Dengan Begitu anda akan tetap mendapatkan harga yang bagus dari pengepul.

Sistem pemasaran ini dapat lebih efektif jika Anda sudah memiliki langganan pengepul yang percaya. Dengan begitu anda tidak perlu lagi mencari-cari pengepul lain setiap kali ingin menjual.

Hasil Panen Bisnis Tanaman Hidroponik

Memasok di kafe dan restoran

Menjual produk hidroponik ke face atau restoran tidaklah sulit, Anda bisa bergabung dengan komunitas para penjual sayuran hidroponik. Bekerjasama dengan pihak kafe tentu Anda akan dengan mudah menjual produk hidroponik. Restoran dan cafe biasanya meminta pasokan sayuran seperti sawi, selada, namun Anda harus memperhatikan stok.

Jangan sampai pengiriman produk tertunda atau tidak sesuai dengan permintaan. Jaga baik hubungan kerjasama tersebut agar bisnis Anda bisa berkembang dengan baik pula.

Bekerjasama dengan koperasi tani

Alternatif untuk memasarkan produk hidroponik yang satu ini adalah dengan menjalin kerjasama dengan pihak koperasi tani di wilayah Anda. Anda harus mendaftar terlebih dahulu sebagai anggota koperasi agar bisa menjual produk ke koperasi.

Meskipun harga jualnya tidak sebagus di pasaran, koperasi tani memudahkan anda dalam transaksi. Sebab Anda bisa menjual produk hasil hidroponik tanpa ada batasan jumlahnya.

Itulah cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk memasarkan produk hidroponik Anda. Sayuran-sayuran memang sangat dibutuhkan dalam kebutuhan sehari-hari. Selain itu, berbisnis hidroponik juga bisa dilakukan dengan lahan yang sempit.

Tentukan cara yang akan Anda gunakan untuk mempromosikan produk. Dan jangan lupa untuk tetap menjaga kualitas produk agar konsumen atau pelanggan tetap puas. Sekian artikel kali ini, terimakasih sudah membaca dan semoga bermanfaat bagi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat