Bisnis Rumahan, 5 Strategi Promosi Tepat Saat Pandemi

1 min read

Bisnis Rumahan, 5 Strategi Promosi Tepat Saat Pandemi

Disaat pandemi sekarang ini, salah satu jenis bisnis yang diminati adalah Bisnis Rumahan. Semenjak PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) akibat wabah virus corona, segala macam aktivitas dilakukan dari rumah.

Bisa dibilang Bisnis Rumahan inilah yang paling cocok, apalagi bisnis ini bisa dijaikan pekerjaan utama atau sampingan. Nah, jika anda ingin mencari pemasukan tambahan di rumah, cobalah melakukan bisnis rumahan. Cari ide bisnis apa yang cocok anda jalankan.

Bisnis rumahan adalah pilihan tepat karena umumnya bisa dilaksanakan dengan modal yang murah. Apalagi dari segi tempat, kita tidak perlu menyewa karena menggunakan rumah pribadi sebagai tempat.

Setelah itu buat strategi promosi yang tepat agar dapat bersaing dengan bisnis-bisnis lainnya.

5 Strategi Promosi Tepat Saat Pandemi

Strategi berjualan pun ada banyak jenisnya, pelajari tips-tips promosi bisnis rumahan yang efektif berikut.

Promosi dari mulut ke mulut

Promosi dari mulut ke mulut

Cara tradisional ini jangan pernah diremehkan karena terbukti paling ampuh dan efektif. Datangi tetangga, atau kenalan anda, bagikan tester kepada mereka yang menurut anda prospek. Jangan lupa untuk menyertakan harga atau diskon2 menarik dan nomor telfon yang bisa dihubungi. Semakin banyak orang yang menenal produk maka paluang mendapatkan pembali semakin besar pula. Cara ini juga sangat mudah dilakukan dan murah.

Titip Produk di warung

Selain menggunakan promosi dari mulut ke mulut, Anda bisa memanfaatkan warung sekitar tempat tinggal. Buat kesepakatan dengan pemilik warung atas komisi yang sesuai. Jaga terus kualitas kemasan dan produk karena akan menguntungkan sekali jika ada pembeli tertarik dan memesan jumlah yang banyak.

Promosi Bisnis Rumahan Dari Media Sosial

Promosi Via Media Sosial

Kita bisa memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Instagram, Line, Whatsapp, Bigo Live, untuk promosi. Anda bisa menggunakan akun khusus untuk produk jualan, atau menggunakan sosmed pribadi.

Menggunakan sosmed pribadi otomatis calon pembeli adalah dari kontak teman dan kerabat-kerabat. Sertakan juga caption, dan foto produk yang menarik untuk mendapat respon.

Dalam promosi via media sosial ini, akan lebih efektif jika followers, atau pertemanan sudah banyak. Gunakan kata-kata dan metode promosi yang kreatif untuk promosi via soaial media. Selain itu anda juga bisa meminta bantuan para artis untuk membuka promot posting.

Melalui Marketplace

Jaman sekarang sudah sangat praktis, jumlah marketplace di Indonesia cukup banyak. Anda bisa berjualan di marketplace agar usaha rumahan anda bisa cepat laris terjual. Anda bisa memanfaatkan lebih dari 1 marketplace untuk berjualan.

Pelajari cara membuat logo, upload foto produk, deskripsi hingga metode pembayaran dan pengiriman.

Jangan pernah bermalas-malasan, pelajari cara dan selukbeluk dari marketplace lalu praktikkan.

Gunakan Jasa Endorsement

Untuk usaha bisnis yang skala nya menengah keatas ( cukup besar), maksimalkan promosi dengan menggunakan jasa endorsement, mengajak konten creator atau influencer lokal memasakan produk Anda.

Cara ini paling efektif dan tepat sasaran, video-video testimonial mampu meningkatkan angka penjualan hinga berkali-kali lipat. Namun karena biaya promosi ini tidak murah, seleksi dan sesuaikan dengan budget promosi anda.

Memperhatikan Kualitas Produk

Jaga selalu kualitas produk, apapun jualan bisnis rumahan yang anda geluti. Jangan sampai anda tidak memperhatikan kualitas hanya karena harga yang murah.

Setelah itu analisa dan tentukan strategi pemasaran yang sesuai dengan budget anda. Apalagi di situasi pandemi covid-19 ini para pengusaha harus pandai mengelola budget agar bisnis berjalan lancar.

Semoga artikel kali ini menambah wawasan sekaligus bisa membantu anda dalam mengembangkan usaha bisnis rumahan. Selamat Mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat